Rabu, 19 Juni 2013

Junjung Demokrasi




   El Barca memang bukan klub biasa. Mereka berbeda dengan klub lain. Satu hal yang paling kentara adalah cara mereka dalam memilih orang nomor satu alias presiden klub. Tak ada penunjukan oleh dewan direktur, apalagi pemodal. Barcelona adalah satu dari sedikit klub Spanyol yang presidennya dipilih langsung oleh fans yang tercatat sebagai member klub. Proses pemilihan presiden secara demokratis sudah terjadi sejak El Barca terbentuk. Kala itu Walter Wild terpilih menjadi presiden pertama secara aklamasi oleh 11 pendiri.

Joan Gamper
   Sang pionir, Joan Gamper baru menjadi presiden pada 1908. Gamper menjadi presiden ketujuh Barca setelah mengambil-alih kepresidenan untuk mencegah klub dari kebangkrutan. Kala itu El Barca dilanda krisis keuangan akut menyusul puasa gelar nan panjang.

   Selama kurang lebih 25 tahun, Gamper terus bekerja keras membuat El Barca meraih salah satu tujuan besar mereka, memiliki stadion sendiri yang berdampak terhadap stabilnya pemasukan. Tak heran, sosok Gamper sangat diagungkan para Cules. Sosoknya kini diabadikan lewat sebuah mini turnamen di awal musim yang mempertemukan Barcelona dengan klub-klub besar eropa dan dunia.

   Proses demokrasi ala Blaugrana kembali terjadi pada tahun 1978. Josep Lluiz Nunez menjadi presiden El Barca pertama yang dipilih langsung oleh member klub. Nunez bertahan sebagai presiden selama 22 tahun. Presiden terlama dalam sejarah klub.

   Pengganti Nunez, Joan Gaspart, gagal mengikuti jejak seniornya. Dia dipaksa mundur pada 2003 setelah hampir 3 tahun bertakhta tapi tak ada satu pun tropi yang dipersembahkan. Baru kemudian masuk Joan Laporta. Dia sukses membawa El Barca kembali ke era keemasan. Laporta tak Cuma berperan dalam mendatangkan pemain-pemain bintang seperti Ronaldinho yang berperan besar dalam sukses Barcaelona sejak 2003. Tapi, dia telah melahirkan seorang pelatih muda yang juga punya peran sangat besar dalam kesuksesan terbesar Barcelona pada  2009, Josep Guardiola.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar