Rabu, 17 April 2013

Més Que Un Club




   Hans Gamper mungkin tak pernah membayangkan jika klub yang didirikannya bersama 11 lainnya lebih dari satu abad yang lalu kini telah menjadi raksasa Spanyol dan Eropa. Saat ini, FC Barcelona berkembang secara spektakuler di semua bidang, membuatnya lebih dari sekedar klub. Slogan “Mes que un club” atau “More than a club” pun jadi kenyataan.

   Pada 22 Oktober 1899, Hans Gamper – seorang pebisnis muda asal Swiss yang gila olahraga – datang ke Catalunya dengan tujuan awal berbisnis. Gairahnya terhadap sepak bola membuat dia memasang iklan di sebuah koran lokal Kota Barcelona. Pemuda 22 tahun itu mengumumkan dirinya ingin membentuk sebuah tim sepak bola. Selang sebulan, tepatnya 29 November 1899, 11 orang menjawab iklan tersebut.

   Pertemuan pertama pun digelar di Gimnas Sole. Dalam pertemuan bersejarah itu, hadir Gualteri (Walter) Wild, Lluis d’Osso, Bartomeu, Terradas, Otto Kunzle, Otto Maier, Enric Ducal, Pere Cabot, Carles Pujol, Josep Llobent, John Parsons, dan William Parsons. Perjalanan Futbol Club Barcelona pun dimulai.

   Sejak membentuk klub Barcelona, Hans Gamper yang kemudian lebih akrab dengan nama Joan Gamper karena menyesuaikan diri dengan bahasa Catalan, sudah punya satu slogan utama. “Mes que un club” yang menjadi slogan Barcelona memiliki makna tak berujung. Slogan ini tak hanya hadir dilapangan, tapi juga berdetak di kehidupan sehari-hari rakyat Catalunya.

   Namun demikian, slogan “Mes que un club” baru benar-benar muncul pada Januari 1968. Tepatnya saat Presiden Narcis de Carreras membacakan pidato pengangkatannya. Dia menggunakan kalimat “More than a club” untuk menggambarkan betapa pentingnya peran sosial Barcelona di Catalunya.

   El Barca adalah klub sepak bola, tapi tak hanya sebuah klub. “Mes que un club” adalah representasi sebuah filosofi, sistem nilai, cara memahami olahraga, dan interpretasi dunia yang kita tinggali. Bagi rakyat Catalunya dan Spanyol secara keseluruhan, El Barca tak sekedar sebuah klub karena mereka adalah representasi perlawanan terhadap rezim, simbol perjuangan, demokrasi, dan kebebasan.

   Kini, El Barca tetap “More than a club” yang terus percaya akan kebebasan dan demokrasi. Kini, El Barca tetap “More than a club” tak hanya di Catalunya atau Spanyol, tapi di Dunia. Di sisi permainan, El Barca bukanlah klub yang sekedar mencari kemenangan. Bagi El Barca, kemenangan adalah penting, tapi cara meraih kemenangan jauh lebih penting.

  
   Slogan “Mes que un club” semakin kuat karena merasa memiliki tanggung jawab kepada masyarakat. Lewat yayasan yang dimiliki, El Barca aktif dalam kegiatan kemanusiaan. Ya, El Barca memang tak sekedar sebuah klub. Tapi sudah menjadi jiwa dan hati dari seluruh rakyat Catalunya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar