Rabu, 10 Juli 2013

FC Barcelona Logo







   Sejak awal pembentukan, El Barca sudah memiliki crest alias logo yang melekat di kostum mereka. Kala itu, logo yang berbentuk berlian dibagi empat itu sudah mewakili jati diri Barca. Ya, sejak awal, logo klub sudah melukiskan kecintaan kepada kota tempat kelahiran, Barcelona. Bisa dilihat dari adanya St George’s Cross, bendera Catalunya, dan warna Kota Barcelona.

   Logo ini bertahan hingga 1910. Saat Gamper menjadi Presiden, salah satu usahanya untuk menyelamatkan klub dari krisis adalah dengan memiliki logo baru yagn lebih segar. Gamper pun mengadakan lomba pembuatan logo yang dimenangkan oleh Carles Comamala, mantan pemain yang juga mahasiswa kedokteran sekaligus seniman.

   Karya Comamala merupakan dasar dari logo yang digunakan El Barca hingga saat ini. Dengan bentuk mangkuk, Comamala mempertahankan St George’s Cross, garis kuning-merah yang mewakili Catalunya, dan garis merah-biru mewakili Kota Barcelona. Inisial klub FCB muncul di tengah-tengah logo dan bola di atas warna kota. Sebuah logo mewakili dimensi olahraga sekaligus penghormatan terhadap kota dan negeri pun tercipta.

   Sejak 1910, logo mengalami beberapa perubahan kecil. Kebanyakan hanya sedikit modifikasi demi memenuhi unsur estetika. Ada satu perubahan yang terbilang besar kala Jenderal Franco mengharuskan El Barca mengganti inisial menjadi CFB, sesuai dengan bahasa Spanyol. Sang diktator juga memerintahkan untuk menghilangkan dua dari empat bagian yang berisi bendera Catalunya.

   Namun bagian itu kembali muncul kala peringatan 50 tahun klub pada 1949. Hanya saja, inisial klub yang asli baru dimunculkan kembali pada akhir 1974. Pada 2002, klub memperkenalkan logo baru karya Claret Serrahima. Logo terbaru itu sendiri tak begitu berbeda dengan versi sebelumnya. Serrahima hanya membuat Crest  lebih stylist. Titik pada inisial  dihilangkan, hurufnya diperkecil, serta sudut-sudut tajam dihilangkan. Alhasil, logo pun menjadi lebih sederhana dan mudah direproduksi dalam berbagai format.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar